Attack Eazy Kok Bareng Surf Easy?

6 02 2008

Ini mungkin artikel yang nggak menarik. Tapi setidaknya menggelitik hati saya. Maklum naluri Marketing saya tergugah mengenai hal ini. Anda tentu tahu produk Attack dari P&G (Procter and Gamble) [maaf jika salah].

Produk pencuci pakaian ini kini mengeluarkan Sub Merek baru yaitu Eazy. Seperti iklannya, Eazy ini dapat mencuci lebih ringan (enteng) karena dengan zat agent tertentu membuat Eazy ini sangat mudah (easy) digunakan untuk mencuci. Mereka (produsen&distributor) mengklaim bahwa Attack Eazy ini dapat mencuci lebih ringan bagai di bantu oleh 12 tangan.

Lalu, pernah lihat iklan di televisi yang diperankan oleh Farhan dengan setting sebuah pertunjukan tari Bali? Dimana beberapa penonton tari tersebut bahkan si penarinya pun ikut terbingungkan ketika mendengar bunyi “cek kucek kucek kucek kucek……” yang ternyata suara Farhan dari megaphone.

Yang sedang memperagakan mencuci dengan sebuah detergen produksi Unilever ber merek Surf, yang juga melahirkan turunan yakni Surf Easy. Produk ini juga dengan slogan yang sama yaitu mencuci lebih ringan dan mudah seperti dibantu oleh 10 tangan (jika Attack 12 tangan).

Intinya, kedua produk ini mengeluarkan turunan produk dengan spesifikasi yang sama, jenis yang sama dan slogan yang sama. Hanya bedanya, Eazy=12 tangan, Easy=10 tangan.

Ini menjadi sebuah pertanyaan dalam hati saya. Kok bisa, sebuah ‘inovasi’ muncul dari dua kubu secara bersamaan. Kesengajaan? Kebetulan? Atau kebocoran? Hanya mereka yang tahu.

Karena hal ini berbeda ketika Attack mengeluarkan Attack plus Softener, yang diikuti oleh SoKlin Softergen dan Rinso Molto namun dalam rentang waktu yang cukup lama. Ya, itulah yang menggelitik hati saya. [tri]


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: